-->
in feeds
250x250

Cara Menghasilkan Uang dari Blogging

hpk
250x250
in artikel
Mencari cara cepat dan mudah untuk menghasilkan uang secara online? Maka Anda berada di situs yang salah. Menghasilkan uang dengan blog bukan skema cepat kaya. Dibutuhkan waktu dan dedikasi, tetapi dapat diakses oleh semua orang. Yang Anda butuhkan hanyalah laptop dan tahu cara mengatur blog untuk menghasilkan uang.

Di zaman modern ini banyak sekali cara untuk menghasilkan uang secara online baik berbayar maupun gratis. Hanya bermodalkan Leptop bahkan Smartphone anda bakal mendapatkan uang secara online, jangan lupa juga anda membutuhkan kuota internet sebagai salah satu bahan utama.

Blog adalah salah satu cara jika anda ingin mendapatkan pundi pundi uang secara online. Memang butuh waktu lama untuk mendapatkan hasil yang besar karena blogging harus mempunyai ketekunan, jadikan lah hal utama anda untuk ngeblog itu sebagai hobi anda, jika begitu anda akan merasakannya tidak cuma-cuma dan ingat jangan jadikan ngeblog itu untuk mencari uang.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Banyak sekali pertanyan-pertanyaan seperti ini yang kita lihat di grub - grub facebook tentang dunia Blog.  Karena banyak nya peminat blogging itu hanya untuk mendapatkan uang diinternet. Berikut ini adalah beberapa tahap awal yang ditempuh yang biasa dilakukan oleh para blogger yang niatnya ngeblog sebagai mata pencaharian.


  • Membuat blog
  • Menghasilkan konten yang bermanfaat
  • Menemukan pembaca
  • Membangun kedekatan dengan pembaca yang datang ke blog Anda
  • Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang ada.

Kelihatan mudah dan ringkas kan? Pada dasarnya proses ini cukup sedehana namun anda akan mengetahui jelasnya setelah anda menjalaninya.

1. Membangun Sebuah Blog

Untuk menghasilkan uang dari blog tentu saja anda harus mempunyai sebuah blog. Bagi orang awam yang belum tahu akan cara membuat blog memang sangat sulit untuk membuat blog, sehingga ini menjadi batu penghalang bagi kebanykan blogger pemula yang tidak tahu apa-apa secara teknis cara membuat blog.

Tidak usah khawatir, karena membuat blog itu sangat mudah kog langkah-langkah nya pun mudah udah diterapkan bagi orang awam .

Pilih lah platform blog anda

Untuk memulai sebuah blog, anda harus memilih platform blog atau alat yang akan membantu anda agra konten yang anda buat bisa dibaca oleh orang lain. Ada banyak pilihan platform blog salah satunya adalah Blogger.com , kebanyakan para blogger memakai platform ini karena mudah dan gratis pastinya.

Untuk cara membuatnya anda bisa lihat dipostingan ini

2. Mulai membuat Konten yang Bermanfaat

Jika anda sudah membuat blog maka isilah blog anda dengan konten-konten yang bermanfaat bagi pembaca blog anda. Pilihlan topik yang anda sukai karena ini akan memperlancar anda membuat konten.

Kunci keberhasilan sebuah blog adalah menghasilkan konten yang bermanfaat bagi pengunjung. Konten yang berisi inspirasi, menghibur, menyelesaikan masalah dan mengubah kehidupan orang lain, dan ini akan membantu pembaca merasa mengenal, suka, dan mempercayai Anda. Semua ini  sangat penting bila Anda nantinya ingin menghasilkan uang dari blog.

3. Menemukan Pembaca

Jika anda sudah membuat konten yang bermanfaat, maka langkah selanjutnya adalah mencari pengunjung untuk blog anda karena jika blog anda sudah mempunyai pengunjung tetap maka anda pasti akan mendapatkan pundi pundi uang dari blog anda promosikan lah blog anda sebai mungkin.

Sekarang ulailah dengan memikirkan tentang jenis pembaca yang Anda inginkan pada blog Anda. Setelah tahu siapa yang membaca blog Anda, tanyakan dimana kelompok orang ini berkumpul secara online. Buat daftar tentang dimana mereka kemungkinan berkumpul:


  • Apakah mereka membaca blog tertentu?
  • Apakah mereka berpartisipasi di forum tertentu?
  • Apakah mereka mendengarkan podcast?
  • Apakah mereka berkumpul di jaringan sosial tertentu?
  • Akun mana yang mereka ikuti dari jaringan sosial tersebut?

Tiap tempat yang dikunjungi target pembaca blog Anda,  luangkanlah waktu Anda untuk terlibat disana  yaitu dengan meninggalkan komentar, menawarkan  guess post, atau cukup hanya dengan menjawab pertanyaan. Kuncinya adalah membangun kehadiran, menambahkan nilai, dan  membina hubungan.

4.Membangun kedekatan dengan pembaca yang datang

Ketika Anda fokus menciptakan konten dan menemukan pembaca untuk blog, Anda mulai melihat pengunjung datang ke blog Anda dan menikmati konten yang Anda buat. Di titik ini Anda perlu mengubah fokus menjadi mendekati pembaca tersebut dan membangun komunitas.

Respon komentar yang mereka tulis, dekati pembaca secara personal, dan lakukan apapun yang Anda bisa untuk membuat mereka terus datang kembali ke blog Anda lagi dan lagi. Pertahankan pembaca yang sudah Anda peroleh bahkan solusikan dengan baik sehingga mereka akan menyebarkan berita tentang blog Anda, turut serta membangun blog Anda, sehingga lebih banyak diketahui orang.

5.Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang Anda milki melalui variasi saluran pendapatan

Empat langkah pertama, yakni memulai sebuah blog, menulis konten, menemukan pembaca, dan membangun kedekatan dengan pembaca,  jadi dasar penting yang sangat Anda butuhkan sebelum Anda bisa membangun pendapatan jangka panjang di blog Anda.

Memang dibutuhkan kerja keras tapi bila Anda melakukannya dengan baik, berarti Anda memiliki kesempatan untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Dengan dasar yang tepat Anda kini siap untuk mulai memperoleh uang dari blog. Tapi satu hal yang perlu Anda ingat, setelah membuat blog, memiliki konten, dan mendekati pembaca, bukan berarti uang akan mengalir secara otomatis. Karena diperlukan kerja terus-menerus dan eksperimen untuk menghasilkan uang dari blog Anda.

7 sumber penghasilan blog
Sebuah kekeliruan besar yang blogger lakukan tentang monetisasi blog adalah mereka melakukannya hanya dengan satu cara. Kenyataannya ada banyak cara untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

1. Pendapatan dari iklan

Banyak blogger memulai dengan cara ini. Memperoleh pemasukan  blog dengan cara ini tidak jauh berbeda dengan bagaimana majalah atau koran menjual iklan mereka. Ketika traffic mulai naik, Anda akan bertemu dengan pengiklan yang bersedia mengeluarkan biaya agar produk atau layanan mereka bisa dilihat pembaca Anda.

Meski Anda perlu traffic yang baik sebelum menempatkan sebuah iklan, ada iklan jaringan seperti Google AdSense yang memungkinkan penerbit skala kecil untuk menjalankan iklan di blog mereka.

2. Pendapatan dari afiliasi

Promosi afiliasi jadi jenis pemasukan paling umum yang dimiliki blogger.

Pemasukan afiliasi  berarti Anda membuat tautan ke sebuah produk yang dijual di situs lain, misalnya di Dewaweb, dan bila seseorang mengikuti tautan Anda dan membeli produk tersebut, Anda akan memperoleh komisi dari penjualan.

Ini jadi cara tepat untuk memulai monetisasi blog karena program afiliasi mudah proses sign up-nya. Selain itu, bila Anda memiliki pembaca yang setia, mereka akan mengikuti rekomendasi yang Anda buat terhadap sebuah produk.

3. Mengadakan event

Meski ini bukan pilihan dari kebanyakan blogger, tapi semakin banyak blogger yang menghasilkan uang dari mengadakan event.

Ukuran event yang diadakan bervariasi mulai dari konferensi besar hingga pertemuan blogger dan pembaca dengan skala lebih kecil. Uang yang dihasilkan bisa dari pembayaran tiket oleh pembaca yang hadir atau menemukan sponsor event. Ikuti panduan kami untuk mengadakan sebuah event.

4. Recurring Income

Kategori lain untuk pemasukan para blogger adalah melalui recurring income atau bisa juga disebut continuity program atau membership program. Ini berarti pembaca membayarkan sejumlah uang secara teratur, biasanya bulanan atau tahunan, untuk mendapat akses ke konten premium, area komunitas, layanan tertentu, pelatihan, atau gabungan dari semuanya.

5. Jasa atau layanan

Satu cara yang umum bagi banyak blogger untuk mendapatkan uang adalah melalui penawaran jasa ke pembaca mereka. Ini bisa banyak bentuknya mulai dari pelatihan dan konsultasi, penulisan, design, atau layanan freelance lainnya.

6. Produk

Sebagian blogger mendapat penghasilan utama dari penjualan buku. Memang produk macam ini membutuhkan waktu untuk pembuatannya, tapi cukup menguntungkan.

Produk bisa banyak bentuknya, tidak hanya berupa e-book, tapi juga bisa berupa produk virtual seperti software, laporan, dan sebagainya.

Produk jenis lain yang dijual para blogger adalah produk fisik. Ini sangat wajar bila blogger/Anda  memiliki bisnis atau produk untuk dijual

7. Aliran pendapatan lain

Tentu ada pemasukan dalam bentuk lain yang diperoleh blogger. Beberapa berupa permintaan donasi atau sindikasi konten ke situs lain.

Kebanyakan blogger full time menghasilkan uang dengan  lebih dari satu saluran penghasilan. Memvariasikan pemasukan mempercepat perjalanan Anda untuk jadi blogger full time.

Pendapatan langsung atau tidak langsung?
Sebagai kesimpulan, blogger menghasilkan uang langsung dari blog mereka sedang lainnya memperoleh pendapatan secara tidak langsung karena blog mereka.

Pendapatan langsung

Blogger bisa meletakkan iklan AdSense di blog dan mempromosikan beberapa produk di Amazon sebagai afiliasi dan semakin banyak pembaca, berarti semakin banyak pemasukan mulai mengalir. Saat traffic tumbuh, pemasukan juga tumbuh, dan Anda bisa bereksperimen dengan bentuk pemasukan langsung lain seperti menjual iklan langsung ke pengiklan.

Pendapatan tidak langsung

Ketika blog dan profil mulai tumbuh sebagai hasil dari blogging, Anda bisa menjual jasa sebagai pembicara dan konsultan atau mendapat tawaran menulis buku dari penerbit. Anda juga bisa mengadakan sebuah event yang juga menghasilkan uang. Semua pendapatan ini tidak datang langsung dari blog Anda tapi dikarenakan adanya blog Anda.

Meski penghasilan dari blog bisa dari gabungan pemasukan langsung dan tidak langsung, banyak blogger fokus hanya pada salah-satunya saja.

Jadi, bagaimana? Sudah lebih memiliki gambaran mengenai monetisasi blog?  Atau Anda justru menemukan ide lain yang lebih jitu dan lebih cocok untuk situs web yang Anda kelola? Well, apa pun itu, semoga ulasan yang kami suguhkan bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.
300x600
the cheapest car insurance cost of car insurance best car insurance quotes insurance auto insurance quotes car get car insurance quotes online car insurance agent instant car insurance quote car insurance websites direct car insurance insure a car motor car insurance quote cheap car insurance online quotes for car insurance car insurers commercial car insurance motor insurance quote car insurance quotes online get a quote online international health insurance compare car insurance quotes insurance for car compare car insurance car insurance buy life insurance online compare auto insurance international medical insurance general car insurance cheap motor insurance low car insurance car insurance comparison company car insurance budget car insurance private health insurance online quote car insurance cheap motor car insurance car insurance for new drivers cheap car insurance quotes online online car insurance quotes get car insurance quotes car insurance quotes comparison motor car insurance car insurance quotes car insurance cheap comprehensive car insurance best auto insurance short term health insurance motor insurance cheap online car insurance online motor insurance quotes car insurance california buycarinsurance online vehicle insurance free car insurance quotes landlord insurance health insurance for children motorbike insurance monthly car insurance car insurance usa car insurance reviews car insurance renewal quotes vehicle insurance health insurance rates term life insurance quotes vehicle insurance quotes car insurance compare motor vehicle insurance best car insurance motor insurance online quote car insurance online quote life insurance online supplemental health insurance best car insurance rates car insurance discounts motor vehicle insurance quotes auto insurance cheap travel insurance bike insurance travel medical insurance buy car insurance online online motor insurance travel insurance quote get a quote for car insurance health insurance agent car insurance companies cheap car insurance companies travel insurance annual travel insurance commercial vehicle insurance permanent life insurance medical insurance quotes online car insurance cheap car insurance quotes car insurance online quote insurance online level term life insurance health insurance comparison how much is car insurance travel health insurance pet health insurance quotes on cars health ins travel insurance uk quote for car insurance get insurance quote online disability insurance quote temporary health insurance temporary insurance rental car insurance cheap health insurance auto insurance compare third party car insurance buy health insurance auto insurance quotes cheap insurance companies best term life insurance personal health insurance online quote insurance car insurance premium health insurance policies quotes for cars whole life insurance credit insurance cheap van insurance cheap term life insurance cheap motorcycle insurance compare life insurance car insurance cover health insurance motorcycle insurance short term car insurance health insurance coverage insurance qoute cheap life insurance house insurance quote car insurance uk health insurance companies cigna health insurance cheap insurance cheap car insurance uk compare health insurance car insurance for young drivers short term insurance online health insurance caravan insurance life insurance comparison direct insurance health insurance plans motor insurance online car insurance estimator accident insurance home insurance quotes nj car insurance new car insurance private medical insurance home insurance car insurance brokers car insurance rates commercial insurance health insurance quotes motor insurance companies which car insurance car quotes online online auto insurance flood insurance cheap auto insurance quotes car insurance agencies business health insurance term life insurance truck insurance professional indemnity insurance life insurance car insurance policy long term care insurance drive insurance buy insurance car ins motorcycle insurance quote critical illness insurance term insurance student health insurance home insurance comparison insurance rates insurance cover holiday insurance insurance sites online vehicle insurance quotes company website home insurance rates compare insurance buy insurance online affordable medical insurance car insurance coverage product liability insurance home contents insurance buy life insurance renters insurance group health insurance family health insurance motor insurance quote online mortgage insurance best home insurance personal insurance medical insurance property insurance life insurance agent group insurance aetna health insurance cheap medical insurance liability insurance rental insurance life insurance policy group life insurance general liability insurance insurance quotes online all car insurance companies best health insurance insurance plans life insurance for seniors van insurance website quote universal life insurance building insurance co insurance insurance car car insurance prices disability insurance insurance vehicle cheap vehicle insurance senior life insurance medical insurance plans insurance health house insurance life insurance quotes car quotes cheap home insurance

0 Response to "Cara Menghasilkan Uang dari Blogging"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]